Tuesday, March 19, 2019

Teks Prosedur - Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh



Assalamu'alaikum Warahamatullahi Wabaraktuh

Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin bakalan bahas materi tentang TEKS PROSEDUR. Jadi bagi kalian semua yang belum tahu apa itu teks prosedur artikel ini adalah artikel yang tepat untuk kalian kunjungi. Baiklah langsung saja kita ke materinya.


TEKS PROSEDUR


1.  Pengertian Teks Prosedur
   
Teks prosedur adalah teks yang berisi tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang kita lakukan untuk mencapai suatu tujuan. Tahapan-tahapan yang dilakukan berisi informasi antara informasi satu dengan lainnya saling berkaitan. Informasi pada bagian utama berupa pernyataan umum. Sementara itu, bagian langkah berisi pernyataan khusus yang menandai rangkaian kegiatan. Penanda utamanya berupa kalimat peintah.


2.  Ciri-ciri Teks Prosedur

    a. Judul ditulis secara jelas
    b. Langkah-langkah kerja dijelaskan secara urut
    c. Langkah kerja yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan(adanya keserasian)
    d. Teks bersifat informatif
    e. Teks dipaparkan secara terperinci
    f. Isi informasi bersifat objektif
    g. Teks bersifat aktual, akurat, dan logis


3.  Contoh Teks Prosedur


"CARA MEMBUAT SLIDE PADA MICROSOFT OFFICE POWERPOINT"

Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk persentasi yang dikembangkan oleh microsoft didalam paket aplikasi kantoran mereka. Microsoft Office Powerpoint dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 1987. Untuk manfaatnya sendiri, microsoft powerpoint digunakan untuk mempermudah manusia untuk melakukan persentasi dengan materi apapun yang ingin disampaikan kepada orang banyak.

Untuk membuat slide pada microsoft powerpoint berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan :
1. Pilih aplikasi microsoft office powerpoint pada menu yang ada di komputer atau laptop Anda.
2. Setelah jendela microsoft office powerpoint terbuka, ketik judul materi yang akan Anda buat pada lembar(slide) pertama.
3. Setelah itu, untuk menambahkan slide baru klik "New slide" yang ada pada bagian kiri atas.
4. Masukkan materi-materi persentasi Anda pada slide-slide tersebut.
5. Setelah selesai, untuk mengedit background slide yang telah Anda buat, pilih menu "Design" kemudian pilih tampilan mana yang akan Anda pakai untuk slide Anda.
6. Untuk mengedit animasi atau transisi dari slide satu ke slide yang lain, pilih menu "Animations" dan pilihlah animasi yang akan Anda pakai.
7. Setelah semuanya selesai, simpan (save) hasil yang telah Anda buat dengan cara pilih "File -> Save -> Beri nama file dan pilih tempat penyimpanannya, kemudian klik ok.

Nah, langkah tersebut merupakan tahapan membuat slide pada microsoft office powerpoint pada komputer atau laptop.



Baiklah sampai sini dulu pembahasan kita, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat blogger semua. Apabila ada kekurangan mimin mohon maaf karena kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. Dan mimin akhiri.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh





No comments:

Post a Comment

Contoh Pantun Jenaka Menggelitik Bikin Ngakak

  Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan contoh pantun jenaka y...