Saturday, March 23, 2019

Penulisan dengan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai "Penulisan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar". Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sering menulis dengan bahasa indonesia namun tak terpungkiri bahwa masih terdapat kesalahan-kesalahan dalam penulisannya, untuk itu marilah kita bersama-sama belajar akan hal itu.



A.  Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penulisan dengan Bahasa Indonesia 

1) Penggunaan tanda baca, biasanya kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan tanda baca yang digunakan dalam penulisannya, padahal tanda baca itu merupakan hal yang penting.
Beberapa tanda baca beserta penggunaannya :
- Tanda titik (.) digunakan untuk mengakhiri kalimat dalam sebuah tulisan.
- Tanda koma (,) digunakan untuk membuat bacaan saat dibaca memiliki sifat sedikit terjeda/terhenti sejenak.
- Tanda tanya (?) digunakan untuk mengakhiri kalimat yang bersifat tanya(pertanyaan).
- Tanda seru (!) digunakan untuk mengakhiri kalimat yang bersifat perintah.
dll.

2) Penyusunan kata per kata untuk membentuk suatu kalimat diharuskan tidak boleh adanya pemborosan kata atau terdapat kata yang bermakna sama yang ditulis lebih dari satu kali. Contoh pemborosan kata : Pertama-tama dan yang paling utama.

3) Pemilihan bentuk(sifat) kata, untuk membuat sebuah tulisan yang bersifat resmi atau formal, kata atau bahasa yang digunakan ialah bahasa yang baku, sedangkan untuk sebuah tulisan yang bersifat nonformal atau tidak resmi bisa menggunakan bahasa yang tidak terlalu baku.

4) Penggunaan huruf kecil dan huruf besar dalam penulisan sebuah kata. 



B. Kesalahan Dalam Penulisan dengan Bahasa Indonesia

- Terdapat kata yang disingkat dalam sebuah kalimat yang ditulis.
     Kesalahan ini merupakan kesalahan yang fatal, dalam penulisan dengan bahasa indonesia janganlah ditulis dengan kata yang disingkat dengan semau kita karena hal itu membuat makna dalam kata tersebut menjadi berubah atau bahkan tidak ada maknanya. Dan ini pun telah terbukti pada diri mimin sendiri, disaat ujian pelajaran bahasa indonesia, karena ketidaktahuan mimin maka dari itu ada beberapa kata yang mimin singkat untuk mengisi soal dalam ujian itu, namun setelah diperiksa oleh guru ternyata itu merupakan kesalahan besar sehingga karena hal itu mempengaruhi nilai ujian mimin. Contoh kata yang disingkat : yang menjadi yg.

- Penggunaan huruf kecil diawal kata pada awal paragraf, setelah tanda titik, dan dalam awal penulisan nama daerah dan nama orang serta dalam penulisan nama tuhan (Allah).
       

Baiklah mungkin ini saja yang bisa mimin bahas, semoga bermanfaat untuk sahabat blogger semua. Apabila ada kekurangan mimin mohon maaf karena kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. Dan mimin akhiri.

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

No comments:

Post a Comment

Contoh Pantun Jenaka Menggelitik Bikin Ngakak

  Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan contoh pantun jenaka y...