Monday, March 11, 2019

CARA MEMBUAT SUSUNAN ACARA BESERTA CONTOHNYA



Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Haii sahabat Blogger, kali ini mimin bakalan bahas sedikit materi tentang “CARA MEMBUAT SUSUNAN ACARA”. Menjadi seorang pemandu acara bukanlah hal yang sulit, namun janganlah disepelekan. Untuk menjadi pemandu acara harus mengetahui mengenai bentuk dan sifat dari acara yang akan dipandunya. Dan hal yang penting yang harus dipersiapkan adalah Susunan Acara. Baiklah langsung saja kita ke materinya.

Cara Membuat Susunan Acara
Membuat rangkaian susunan acara harus disesuaikan dengan apa saja kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam acara tersebut, baik acara Formal maupun Nonformal. Dan disini mimin bakalan bahas mengenai rangkaian susunan acara dalam Acara PHBI Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

   SUSUNAN ACARA PHBI ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW
1.         PEMBUKAAN
2.        TILAWAH AL-QURAN
3.        SAMBUTAN
4.        CERAMAH
5.        DOA
6.        PENUTUP



Penjelasan :

     1.         PEMBUKAAN
Contoh Pembukaan :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
        Alhamdulillahirobbil ‘alamin, washolatu wasalamu ‘ala asrofil ambiyaiwal mursalin wa’ala alihi wasohbihi ajma’in. amma ba’du.
     Pertama-tama marilah kita haturkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT karena berkah Rahmat dan Hidayah-Nya lah kita dapat berkumpul pada acara ini dalam keadaan sehat wal afiyat.
      Sholawat serta salam marilah kita sanjung agungkan kepada Junjungan kita yakni Habibina wa syafi’ina wa maulana Muhammad (Sholallahu ‘alaihi Wasalam) yang selalu kita nanti-nantikan syafa’at nya di Yaumil Akhir nanti.
      Baiklah  mari kita buka acara ini dengan mengucap lafaz Ta’awudz dan Basmalah (A’udzubillahiminasyaitonirrojim, Bismillahirrohmanirrohim)


        
       2.      PEMBACAAN AYAT SUCI AL-QUR’AN (TILAWAH)
              Acara selanjutnya yaitu Pembacaan ayat suci al-quran yang akan dibacakan oleh Saudara/i ……… , kepadanya saya persilahkan.

(membaca ayat suci al-quran
         Terima Kasih kepada Saudara/i ………..  yang telah membacakan ayat suci al-qur’an, semoga baik yang membaca maupun yang mendengarkan mendapat pahala dari Allah SWT.


 3.    SAMBUTAN
           Acara selanjutnya yaitu sambutan yang akan disampaikan oleh Saudara/i …… , kepadanya saya persilahkan.
(penyampaiaan sambutan)
           Terima kasih kepada saudara/i yang telah memberikan sambutannya.



 4.   PENYAMPAIAN CERAMAH DAN DO’A
       Telah masuklah kita pada acara inti yaitu Penyampaian Ceramah beserta Do’a yang akan disampaikan oleh Ustadz/ustadzah ……….. , kepadanya saya persilahkan.
(penyampaian ceramah dan do’a)
    Terima kasih kepada Ustadz/Ustadzah yang telah menyampaikan ceramah dan memimpin do’a  semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua dan semua do’a-do’a kita dapat diijabah oleh Allah SWT. Aamiin ya Robbal ‘alamin


5.    PENUTUP
       Acara demi acara telah kita lewati, sampailah kita dipenghujung acara yaitu penutup. Namun sebelum acara ini ditutup saya selaku pembawa acara mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah dan kepada Allah SWT saya mohon ampun. Marilah kita tutup acara ini dengan membaca lafadz Hamdalah (alhamdulillahirobbil’alamin). Dan saya akhiri ..
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh


Oke mungkin sampai sini dulu pembahasan kita,Semoga bermanfaat untuk sahabat blogger di seluruh dunia, apabila ada kekurangan mimin mohon maaf karena kesempurnaan hanyalah milik Allah semata dan terima kasih sudah mampir ke blog ini. Baiklah mimin akhiri

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

No comments:

Post a Comment

Contoh Pantun Jenaka Menggelitik Bikin Ngakak

  Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan contoh pantun jenaka y...