Monday, May 6, 2019

Cerita Nonfiksi - Pengertian, Dan Ciri-Ciri

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai "Cerita Nonfiksi". Pada artikel yang sebelumnya mimin telah membahas mengenai Buku Fiksi / Cerita Fiksi yang merupakan kebalikan dari cerita nonfiksi.

Mimin yakin setelah kalian membaca mengenai cerita fiksi yang ada ppada artikel sebelumnya, pasti kalian sudah bisa membayangkan apa iitu cerita nonfiksi yang merupakan kebalikan dari cerita fiksi. Tetapi jika diantara sahabat blogger masih ada yang bingung, mari kita bahas bersama-sama dibawah ini.


Cerita Nonfiksi



1. Pengertian Cerita Nonfiksi

Cerita nonfiksi adalah cerita yang dibuat berdasarkan fakta, realitas, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Cerita fiksi dapat berupa artikel, resensi, biografi dan autobiografi.

Teks cerita nonfiksi dibuat dengan memperhatikan keobjektifan dan menggugah nalar (pikiran) pembaca. Bahasa yang digunakan pun bersifat denotatif dan tidak menimbulkan makna ganda.



2. Ciri-Ciri Cerita Nonfiksi / Buku Nonfiksi

1) Memiliki ide yang ditulis seecara jelas, logis, dan sistematis.
2) Mengandung informasi yang sesuai dengan fakta/data.
3) Memuat informasi, rancangan, dan pelaksanaan penelitian yang tertuang jelas.
4) Penulis menyajikan analisis dari data yang dipaparkan dalam tulisannya.
5) Pemilihan kata dan gaya penulisan sangat beku/formal.
6) Menyajikan temuan baru atau merupakan penyempurnaan atau temuan yang sudah ada.



Biaklah mungkin ini saja yang bisa mimin sampaikan, semoga bermanfaat, apabila ada kekurangan dan kesalahan mimin mohon maaf karena segala kesempurnaan hanyalah milik Allah. Dan mimin akhiri

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

No comments:

Post a Comment

Contoh Pantun Jenaka Menggelitik Bikin Ngakak

  Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan contoh pantun jenaka y...