Saturday, April 6, 2019

Drama - Pengertian dan Jenis-Jenis Drama

Assalamua'alaikum Warohamtullohi Wabarokatuh

Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin akan membahas tentang Drama. Apa sih drama itu? Untuk lebih jelasnya lagi mari kita bahas bersama-sama dan jangan lupa baca artikel ini sampai selesai.

DRAMA



1.Pengertian Drama

  Drama adalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor dan aktris. Pementasan naskah drama dikenal dengan istilah teater.



2. Jenis-Jenis Drama

 - Berdasarkan penyajian lakon 
   1) Tragedi, yaitu jenis teks yang bercerita tentang kisah yang penuh kesedihan. Contoh : Kapai-kapai karya Arifin C. Noer
   2) Komedi, yaitu jenis teks naskah yang bersifat menghibur. Contoh : Orang Kaya Baru karya N. Riantiarno.
   3) Tragikomedi, yaitu jenis teks yang memadu unsur-unsur antara tragedi dan komedi. Contoh : Opera Kecoa karya N. Riantiarno.
 4) Melodrama, yaitu jenis teks yang menampilkan lakon tokoh yang mengharukan atau mendebarkan. Contoh : Opera Primadona karya N. Riantiarno.
   5) Dagelan, yaitu jenis teks yang memiliki lakon lawakan atau jenaka tujuan utamanya yaitu membuat orang tertawa. Contoh : Srimulat
   6) Opera, yaitu bentuk drama yang seluruhnya atau sebagian dinyanyikan dengan iringan musik instrumen. Contoh : Julius Caesar karya Mohammad Yamin.
   7) Tablo, bentuk drama yang mengutamakan gerak.
   8) Sendratari, bentuk drama gabungan antara seni drama dengan seni tari.
   9) Pantomim, bentuk drama yang mengutamakan perpaduan ekspresi gerak-gerak tubuh untuk menampilkan emosi yang dialami pemain.
   10) Monolog, bentuk drama percakapan seorang pemain dengan dirinya sendiri. Hanya ada 1 orang yang berperan untuk memainkan banyak peran.

- Berdasarkan sarana pertunjukan
  1) Drama panggung, yaitu drama yang dimainkan oleh para pemain di panggung pertunjukan.
  2) Drama radio, yaitu jenis drama yang disiarkan di radio.
  3) Drama televisi, yaitu drama yang bervisual dan beraudio.
  4) Drama film,yaitu jenis drama yang ditampilkan dengan layar lebar.
  5) Drama wayang, yaitu pertunjukan drama tradisional dengan pemain seorang dalang yang menggunakan boneka tiruan orang dari pahatan kulit atau kayu yang dapat memerankan tokoh tertentu.

- Berdasarkan ada atau tidaknya teks
  1) Drama tradisional, yaitu tontonan drama yang tidak meggunakan naskah. Kalaupun ada hanya sebatas kerangka cerita saja. Contohnya : Ketoprak (Jawa Tenagh), lenong (Betawi).
   2) Drama modern, yaitu tontonan drama yang menggunakan naskah.
 


Baiklah mungkin sampai sini dulu pembahasan kita, apabila ada kekurangan mimin mohon maaf karena segala kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. Dan mimin akhiri

Wassalamu'alaikum Warohamtullohi wabarokatu

No comments:

Post a Comment

Contoh Pantun Jenaka Menggelitik Bikin Ngakak

  Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh Hai sahabat blogger, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan contoh pantun jenaka y...